Nieh,,, Sejarah Facebook… and siapa yang menciptakannya,,,

Posted: Desember 17, 2010 in Uncategorized

Sejarah Facebook dan Biography Mark Zuckerberg

Sejarah Facebook

Mark Elliot Zuckerberg was born on May 14, 1984. He is co-founding the popular social networking site Facebook. Zuckerberg co-founded Facebook with fellow classmates Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, and Chris Hughes while attending Harvard. He is currently one of the youngest billionaires in the world with personal wealth of US$4 billion in 2010.

Petikan diatas bisa kamu temukan di wikipedia yang mengulas tokoh Marck Zuckerberg sebagai pendiri facebook. Nah saya coba mengumpulkan beberapa artikel tentang sejarah facebook dan biografi Mark Zuckerberg sebagai sang pendiri.

Mark Elliot Zuckerberg lahir di kawasan bernama Dobbs Ferry, Westchester County, kota New York.Anak dari Edward dan Karen Zuckerberg. Ia adalah anak kedua dari empat bersaudara dari orang tua pasangan dokter gigi – ­psikiater. Sejak kecil Zuckerberg suka mengu­tak-atik komputer, mencoba berbagai program komputer dan belajar membuatnya. Ayahnya sendiri membelikannya komputer sejak ia beru­sia delapan tahun. Saat di sekolah menengah Phillips Exeter Academy, ia dan rekannya, D’Angelo, membuat plug-in untuk MP3 player Winamp. 

Sejarah Facebook dan Biography Marck Zuckerberg

Mereka membuat plug-in untuk menghimpun kesukaan orang terhadap aneka jenis lagu dan kemudian membuat play­list-nya sesuai selera mereka. Zuckerberg dan D’Angelo mengirimkan program itu ke berbagai perusahaan termasuk ke American Online dan Microsoft. Pada tahun terakhimya di Phillips ia direkrut oleh Microsoft dan AOL untuk suatu proyek.

Keduanya berpisah saat melanjutkan ke perguruan tinggi, D’Angelo masuk Caltech sedangkan Zuckerberg masuk Harvard, karena universitasnya tak membagikan buku mahasiswa yang memuat foto dan identitas mahasiswa di universitas itu atau dikenal dengan istilah face book membuat Zuckerberg menemukan ide untuk membuat buku direktori mahasiswa online pada mahasiswa baru sebagai ajang pertemanan di antara mereka. Namun Universitas Harvard selalu menolaknya.

Karena demikian kuat untuk mewujudkan keinginannya maka ia akhirnya membuat CourseMatch (www.coursematch.com)sebagai proyek pertamanya dimana dalam situs tersebut memungkinkan teman-teman sekelasnya berkomunikasi satu sama lain. Hingga pada suatu malam di tahun kedua ia kuliah, Zuckerberg berhasil “mengambil” data mahasiswa Harvard dan memasukkannya ke dalam website yang ia beri nama Facemash. Sejumlah foto rekan mahasiswanya terpampang di situ. Dalam website tersebut Zuckerberg meminta pengun­jungnya menentukan mana dari foto-foto ini yang paling “hot”. Dalam tempo hitungan jam semenjak ia meluncurkan webiste itu tercatat 450 orang mengunjungi Facemash dan sebanyak 22.000 foto mereka buka. Akibat dari ulah Zuckerberg pihak Harvard memutus sambungan internet dan Zuckerberg diperkarakan karena dianggap mencuri data, pendiri facebook ini pun meminta maaf kepada rekan-rekan yang fotonya masuk di Facemash.
// <![CDATA[//

// <![CDATA[//
Bukannya kapok atas teguran dari Harvard Zuckerberg malah membuat website http://www.thefacebook.com dari kamar asramanya di Harvard pada tanggal 4 Februari 2004.
Setelah kepindahan Zuckerberg ke Palo Alto , California , dengan Moskovitz dan beberapa teman. Mereka menyewa sebuah rumah kecil yang berfungsi sebagai kantor pertama mereka selama musim panas tahun 2004. Selama musim panas itu, Zuckerberg bertemu Peter Thiel. Menurut Zuckerberg, kelompok itu berencana kembali ke Harvard di musim gugur tetapi akhirnya memutuskan untuk tetap di California.

Pada tanggal 24 Mei 2007, Zuckerberg mengumumkan platform Facebook, sebuah pengembangan platform untuk programmer sebagai aplikasi sosial dalam Facebook. Pengumuman membuat banyak aplikasi yang telah dibangun dan memiliki jutaan pengguna hanya dalam beberapa minggu saja. Ada lebih dari 800.000 pengembang di seluruh dunia yang membangun aplikasi Platform Facebook hingga saat ini.

Karena semakin banyaknya pengguna dan pelanggan facebook akhirnya mereka menjual saham dan mendapatkan dari pendiri PayPal sebesar US$ 500.000. Kemudian menggandeng Accel Part­ners, perusahaan modal ventura, untuk membiayai pengembangannya. Modal yang ditanamkan adalah US$ 12,7 juta. Pembenahan pertama dengan tambahan modal itu adalah dengan meng­ganti domain-nya dari http://www.thefacebook.com menjadi http://www.facebook.com pada Agustus 2005. Setelah itu jangkauan keanggotaannya diperluas menjadi internasional. Hingga Desember 2005 jumlah anggotanya sudah mencapai 5,5 juta.

Melihat perkembangan yang sangat pesat tersebut membuat banyak perusahaan raksasa yang ingin menanam saham pada situs jejaring sosial tersebut, seperti microsoft yang menawarkan membeli 5% saham senilai sekitar US$ 300 juta hingga US$ 500 juta. Jika nilai itu disetujui maka nilai kapitalisasi Facebook sudah mencapai US$ 6 miliar hingga US$ 10 miliar atau sekitar Rp 54 triliun hingga Rp 90 triliun. Namun Microsoft akhirnya mengumumkan hanya membeli 1,6% saham Facebook dengan nilai US$ 240 juta pada Oktober 2007. Transaksi ini menunjukkan nilai kapitalisasi Facebook ternyata lebih tinggi yaitu sekitar US$ 15 miliar (sekitar US$ 135 triliun).

Melesatnya bisnis Facebook membuat Zackerberg menampuk kekayaan yang luar biasa. Majalah Forbes menyebutkan kekayaan Zackerberg sendiri mencapai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 13,5 triliun. Jangankan untuk anak seusia Zackerberg, untuk orang dewasa pun harta sebanyak itu tentu jumlah yang luar biasa besar. Maka wajar jika majalah itu menobatkannya sebagai The Youngest `Self-made’ Billionaire on the Planet.

Sejarah diatas saya ringkas dari wikipedia, dan beberapa sumber dari internet. Marck Zuckerberg adalah salah satu tokoh yang layak dikagumi dibidangnya karena kecerdasan finansial dan mungkin keberuntungan nasib. Ini yang seharusnya memacu kreativitas kita untuk tidak meremehkan hal-hal yang berbau sepele. Kalau dipikir sebelum facebook terkenal, apalah arti dari data mahasiswa dan ide Marck Zuckerberg ? akan tetapi karena keteguhan niatnya akhirnya hal tersebut menjadikan dia seorang milyader muda. Hal tersebut membuat Marck Zuckerberg menyatakan Facebook tidak akan dijual.

Sisi positif ini yang seharusnya kita contoh dan kita aplikasikan kedalam kehidupan kita sesuai dengan prinsip dan budaya serta agama yang pantas untuk kita sebagai orang timur. Mengingat Mark Zuckerberg adalah seorang Yahudi dan menganut atheis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s